Selasa, 21 November 2017

Cara Mudah Perbaiki Starter Motor Yang Rusak

Cara Mudah Perbaiki Starter Motor Yang Rusak

Cara Mudah Perbaiki Starter Motor Yang Rusak – Memperhatikan keadaan motor memang merupakan hal yang mesti dilakukan oleh para pengguna motor itu sendiri. Apalagi komponen motor yang memang rentan untuk bermaslah mesti sangat diperhatikan agar fungsi dari komponen tersebut tetap berfungsi dengan baik. Salah satunya yaitu bagian kick starter. Kick starter jika tidak berfungsi dengna baik pun memang tak akan ada masalah karena masih mempunyai engkol slah. Namun meskipun demikian fungsi starter memnag sangat berguna supaya kita tak capek-capek untuk mengengkol slah.
Dengan masalah seperti itu tentunya inginkan kalau semua komponen yang ada di motor kita tetap berfungsi dengan baik. Meskipun memang masalah kick starter tidak begitu fatal tapi keselaran komponen akan seperti ada yang kurang. Maka dari itu kita mesti perbaiki pula. Nah untuk itu pada kesempatan ini saya akan berbgi cara bagaimana Tips memperbaiki starter motor yang rusak.
Cara Mudah Perbaiki Starter Motor Yang Rusak
Ketika kick starter mengalami masalah maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan yaitu :
  • Aki
Ketika masalh pada starter muncul hal yang pertama di cek yaitu aki. Karena kemungkinan ada gangguan di sitem kelistrikannya dan aki sendiri berfungsi sebagai sumber kelistrikan pada sebuah motor. Cek bagian aki menggunakan multimeter atau avo meter masih adakah tegangan listriknya. Dan tegangan yang normal yaitu tidak kurang dari 12 volt.  Jika kurang dari 12 volt maka bisa kita isi kembali sistem pengisian yang kurang atau juga bisa kita ganti dengan aki yang baru.
  • Rangkaian starter
Langkah kedua yaitu periksa semua rangkaian starter tersebut diantarnya yaitu bagian kabel , soket ataupun tombol starter yang kotor. Periksa juga dengan menggunakan multimeter untuk mengecek ada tidaknya arus listrik yang mengalir. Jika ada kabel yang putus kita bisa menggantinya dengan yang baru dan bersihkan bagian tombol starter jika kotor.
  • Relay starter
Periksa pula bagian saklar elektromagnetiknya dimana saklar ini yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus aliran listrik dari aki ke stater. Jika ada masalh pada komponen ini tentunya harus diganti karena tidak bisa diperbaiki.
Nah itulah untuk bahasan kali ini mengenai cara memperbaiki kick starter motor yang rusak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

ANDA PENGUNJUNG KE

Recent Posts

Theme Support

Pages