Selasa, 21 November 2017

Cara Memperbaiki Karburator Motor Bermasalah Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Karburator Motor Bermasalah Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Karburator Motor Bermasalah Dengan Mudah – Sebelum jaman mesin injeksi semua kendaraan menggunakan sistem karburator. Karburator merupakan salah satu komponen motor yang sangat berpengaruh sekali perannya terhadap kendaraan. bahkan karburator uga merupakan komponen yang sangat vital. Oleh karena itu kondisi karburator mesti diperhatikan.
Karburator adalah sebuah komponen motor yang berfungsi sebagai tempat untuk merubah bahan bakar menjadi kabut yang kemudian didistribusikan ke dalam ruang pembakaran. Karena peranan karburator ini sangat penting yaitu dapat memperngaruhi kerja motor dan terutama dapat mempengaruhi pada laju motor. dengan itu kadang kala karburator ini mengalami kendala atau masalah yang mana kita harus perbaiki. Nah adapun Tips memperbaiki karburator yang bermasalah ini kita akan bahas bersama dibaawah ini.
Cara Memperbaiki Karburator Motor Bermasalah Dengan Mudah
Masalah mesin tersendat pada saat stansioner
Permasalhan ini kerap terjadi pada karburator motor kita dikarenakan campuran bahan bakar dengan udara yang ada di lubang karburator tidak seimbang sehingga pembakran yang terjadi tidak sempurna.
Untuk memperbaiki masalah tersebut yaitu sebagai berikut
  • Putar bagian stelan skrup udara dengan arah jarum jam ( arah menutup ). Hal ini untuk memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.
  • Langkah keduan memindahkan posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar.
  • Kemudian ganti jarum skep dengn jarum yang mempunyai ukuran diameter lebih kecil agar campuran antara udara dan bahan bakar didalam lubang karburator dapat disemprotkan kebagian ruang bakar mesin menjadi lebih besar.
Melemahnya tenaga pada mesin motor
Masalah ini sebenarnya sama dengan masalh diatas dimana masalah tersebut masih pada campuran bahan bakar dan udara yang tak seimbang. Solusinya yaitu dengan mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar.
Terlalu banyak mengeluarkan asap hitam
Hal ini disebabkan karena karburator telalu basah dimana asupan bahan bakar ke dalam lubang karbuarator terlalu banyak dari tekanan yang seharunya sedangkan udara yang masuk lebih sedikit. Adapun langkah untuk memperbaiki masalah ini yaitu
  1. Putar bagian skrup setelan udara ke arah yang melepas agar udara didalam venturi bisa bertambah
  2. Ganti pilot jet dengan nomer yang lebih kecil
  3. Ganti jarum skep dengan ukuran yang lebih besar
Putaran mesin melemah
Masalah ini terjadi karena udara yang masuk lebih banyak sedangkan asupan bahan             bakar pada venturi lebih sedikit tidak sebanyak dengan setingan pabrik. Adapun langkah untuk memperbaikinya yaitu dengan cara :
  1. Jarum skep ganti dengan jarum yang lebih kecil supaya campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih banyak
  2. Putar bagian skep setelan udara serah jarum jam atau dengan mengencangkan agar udara yang masuk ke dalm venturi dapat ditekan kuat ke arah ruang pembakaran.
Tenaga mesin datar
Hal ini disebabkan karena campuran udara dan bahan bakar didalam venturi terlalu banyak tidak sesuai dengan tekanan yang sebenarnya. Hal ini biasa disebut karburator banjir.
Mungkin sekian dulu bahasan untuk kali ini semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.



sumber :  otomotiftren.com
Share:

1 komentar:

  1. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor di Tutorial Memperbaiki Mobil Motor

    BalasHapus

ANDA PENGUNJUNG KE

Recent Posts

Theme Support

Pages